Minggu, 04 Maret 2018

Tips Hemat saat menjadi Mahasiswa


Tips Hemat saat menjadi Mahasiswa






Kali ini saya akan share bagaimana hidup hemat bagi mahasiswa. Kita tau mahasiswa banyak kegiatan di dalam maupun di luar kampus. Hal tersebut bisa menyita waktu dan isi dompet. Maka tidak ada salahnya kita bisa hemat agar semua kebutuhan menjadi mahasiswa bisa terpenuhi. Langsung simak berikut :

1. Cari Kos yang murah

Ini saya taruh awal karena semua juga bermula dari kos. Pada saat verifikasi data / pra ospek pastikan kalian cari sudah mendapatkan kos. Jika ingin tau tentang letak & harga kos yang pas, silahkan menghubungi teman/ keluarga atau Kakak angkatan kalian. Kakak angkatan itu yang mengajak kalian kuliah disitu. Masih belum dapat kos ? Tenang, kalian bisa mendaftarkan diri ke asrama. Oh iya btw di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) ini pembayaran kos/asrama kadang langsung 6 bulan, jadi dipersiapkan ya dananya.

Kalo masih semester satu terutama bulan pertama masuk kuliah, mungkin gk akan tau tentang kos yang murah. Sabar, kalian bisa tanya ke teman kuliah kalian nanti tentang info kos yang murah. Tapi pastikan kos yang kalian pilih tersebut nyaman ya, karena kenyamanan adalah yang utama, percuma murah kalo gk nyaman, ujung-ujungnya ya ngeluarin duit lagi. 

Rata-rata biaya kos di Telang (sekitar kampus UTM) ini berkisar 200/bulan bagi yang cowok. Sedangkan cewek ada yang 250-350an kalo gk salah. Kalo di asrama kampus 900/semester. Masih terlalu mahal? Kalian bisa nyari kontrakan kalo mau, kalo kontrakan butuh orang banyak agar bisa murah. Misal harga kontraknya 10juta/tahun, kalian bisa nyari orang 5-9 tergantung kontrakannnya muat apa nggak orang segitu

2. Makan

Kalo sudah nyari kos, jangan lupa bawa Rice Cooker sendiri ya biar hemat. Gak punya Rice Cooker ? Bisa patungan beli sama teman. Kalo bawa Rice Cooker itu hemat, mengapa, kalian tinggal bawa beras dari rumah, terus lauknya bisa beli di warung. Harga rauk di Telang juga murah mulai dari 5ribu. Itu sudah dapat ayam+tempe, sambal, sayur, murah + banyak kan?.

Lauk harga 5ribu tersebut bisa untuk 2 orang sekali makan, jadi patungan sama temen buat beli lauk. Seumpama kalian ngekos 2orang tiap kamar, berarti 5ribu tadi dibagi 2, sekitar 2500an. Makan 3 kali sehari cuma 7500. Makan sebulan 225ribu. Kalo uang saku anda sebulan masih sisa, bisa buat beli paket internet, ngopi, dan tiket kereta buat pulang. Kampung misalnya. Oh iya kalo jajan / beli makanan ya gak papa, asal jangan berlebihan. Karena mahasiswa kadang-kadang kalo sekali jajan bisa habis banyak

3. Ikut organisasi yang dirasa penting

Ikut organisasi maupun UKM itu adalah penting bagi mahasiswa agar kemampuan hard skill dan soft skillnya bisa terlatih. Ikut organisasi yang dirasa menurut kalian itu penting bagi kalian, misal kalian suka musik ikut organisasi bidang musik, ingin lebih mengetahui tentang prodi ikut himpunan prodi, dll. Mengapa saya sarankan ikut yg penting, semakin banyaknya organisasi yang kalian ikuti, semakin banyak pula nominal yang akan keluar nanti, entah itu kas lah, baju organisasi lah, acara lah, dll. Belum lagi kalian nanti akan dihadapi tugas dan tugas, dan yang terakhir skripsi, itu juga butuh dana.

4. Pulang Kampung

Anak rantau pasti kangen kampung halaman, apalagi mahasiwa, mahasiswa baru apalagi, tiap minggu mungkin kalian nanti akan pulang karena masih belum beradaptasi dengan lingkungan dan kampus. Pulang-Pergi Kampus-Kampung halaman akan menyita banyak uang, misal rumah kalian di Jombang, biaya perjalanan Bangkalan-Jombang bisa ditaksir sekitar 47ribu per Pulangpergj. Gak peduli kalian ngebis, motoran, pesawat, tetap saja uang kalian habis buat perjalanan. Saran saya pulang kampung memang boleh tapi jangan terlalu sering misal sebulan sekali, ataupun nunggu uang saku kalian tinggal sedikit.

5. Penghasilan Sampingan

Untuk No.5 ini tidak saya wajibkan karena ini bisa memakan waktu dan tenaga kalian. Tapi kalo berkeinginan cari penghasilan sampingan, carilah yang tidak banyak memakan waktu dan tenaga kalian. Karena kalian nanti akan mendapatkan banyak tugas, rapat, ngopi, liburan yang akan menyita cukup banyak waktu. Usaha sampingan yang saya sarankan adalah jual pulsa, jasa print, ngeblog, atau buka warkop kalo dikontrakan kalian tempatnya memadai. Karena di Telang, ada yang kontrakannya pagi-siang buat tidur, sore-malamnya buat buka warkop

6. Beasiswa

Bagi kalian yang merasa pandai kalian bisa mengajukan beasiswa pada semester 3 karena akan ada banyak beasiswa pada semester itu, jadi terus pantau instagram/website Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa, Kakak Tingkat, atau langsung ke website kampus

Itulah tips hemat menurut pengalaman saya pribadi, barangkali ada yag mau menambahkan silahkan berikan komentarnya di bawah. Semoga bermanfaat.















Kata Kunci Terkait
hemat mahasiswa
tips hemat mahasiswa
cara hemat mahasiswa
paket hemat mahasiswa telkomsel
hemat ala mahasiswa
hidup hemat mahasiswa
paket hemat mahasiswa
paket hemat mahasiswa simpati
tips hemat mahasiswa kost
pola hidup hemat mahasiswa
menjadi mahasiswa hemat
hemat uang mahasiswa
tips hemat mahasiswa rantau
trik hemat mahasiswa
hemat untuk mahasiswa
hemat uang ala mahasiswa
tips hemat ala mahasiswa
hidup hemat ala mahasiswa
liburan hemat ala mahasiswa
tips hemat ala mahasiswa rantau
cara hidup hemat ala mahasiswa
tips hidup hemat ala mahasiswa
hemat kos
hemat kost
hidup hemat kos
hemat anak kos
hemat anak kost
cara hemat kos
hemat uang kos
hemat anak kosan
cara hemat kost
hemat ala kos
tips hemat kosan
hemat ala kost
hemat ala anak kos
hemat uang anak kost
hemat ala anak kosan
hemat makan anak kost
cara hemat kosan
resep hemat anak kos
sarapan hemat anak kos
trik hidup hemat anak kos
tips hemat anak kos
cara hemat anak kos
makanan hemat anak kos
menu hemat anak kos
trik hemat anak kos
masak hemat anak kos
masakan hemat anak kos
cara hemat anak kos kosan
tips hidup hemat anak kos
resep masakan hemat anak kos
cara makan hemat anak kos
menu makan hemat anak kos
tips belanja hemat anak kos
cara hemat di kos
cara hidup hemat di kos
Blognya Yusuf Xetiawan
cara cepat kaya
Tips cepat kaya
Trik Cepat kaya
Usaha sampingan modal sedikit pengangguran mahasiswa ibu runah tangga pelajar
Kerja sampingan modal sedikit pengangguran mahasiswa ibu rumah tangga pelajar


0 komentar:

Posting Komentar